Jumat, 11 Mei 2012


DIKLAT
PENGELOLAAN
UNTUK KEPALA LABORATORIUM
(Implementasi dari Permendiknas no 26 tahun 2008)

FAKULTAS MIPA UNY
membuka kesempatan pada insan pendidik
untuk mengikuti DIKLAT KEPALA
LABORATORIUM SEKOLAH

DIKLAT
KEPALA LABORATORIUM SEKOLAH
Program Pelatihan Aplikatif 58 Jam (30 jam tatap muka (4 kali TTM), 28 jam tugas mandiri
(Untuk membekali Kepala Laboratorium Sekolah agar memiliki Standar Kualifikasi dan Kompetensi sesuai Permendiknas no 26 tahun 2008)

Perkembangan ilmu pengetahuan  berdampak di semua aspek kehidupan manusia, tak terkecuali di laboratorium sekolah. Di era modern, laboratorium sekolah adalah merupakan salah satu indikator majunya sekolah. Dalam konteks laboratorium pengelolaannya meliputi SDM, Perencanaan, Penataan Administrasi Alat dan Perawatannya.
SDM Tenaga Laboratorium Sekolah merupakan komponen dari tenaga kependidikan yang sangat diperlukan dalam peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah melalui kegiatan laboratorium.
Tenaga laboratorium sekolah/madrasah sesuai dengan Permendiknas no 26 tahun 2008 meliputi : Kepala Laboratorium, Teknisi dan Laboran.
Kepala Laboratorium merupakan tenaga fungsional, oleh karena itu diperlukan adanya Kualifikasi, Standar Kompetensi dan Sertifikasi.

Standar Kualifikasi Kepala Laboratorium menurut permendiknas no 26 tahun 2008 adalah : Melalui jalur Guru dan Jalur Laboran.
Untuk Jalur Guru, syarat yang harus dipenuhi antara lain :  Pendidikan minimal S1, Berpengalaman minimal 3 tahun dan memiliki SERTIFIKAT DARI PERGURUAN TINGGI atau Lembaga yang ditetapkan oleh Pemerintah.
Sedangkan Standar Kompetensi seorang Kepala Laboratorium harus memiliki 4 kompetensi, diantaranya : Kompetensi Kepribadian, sosial, Kompetensi Manajerial, dan Kompetensi Profesional.
Mengacu pada Pedoman Penghitungan Beban Kerja Guru yang dikeluarkan Dirjen PMPTK Kepala Laboratorium ekuivalensi bernilai 12 jam mengajar.
Oleh karena itu dalam kesempatan yang baik ini FPMIPA UNY membuka kesempatan untuk mengikuti Diklat bersertifikasi Kepala Laboratorium.

Tempat :
Fakultas MIPA
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Pelaksanaan
Dibuka : 2 Juni 2012
Syarat mengikuti pelatihan:
1. pas photo 4x3, 4x6 2 lb
2. Foto copy ijazah terakhir
3.  mengisi formulir pendaftaran
4. membayar biaya diklat sebesar Rp. 1.300.000,-
    (termasuk biaya akomodasi-penginapan selama diklat di UNY)
5. bersedia mengikuti diklat dari awal hingga selesai di Fak MIPA UNY Karangmalang Yogyakarta
 Pendaftaran dan keterangan lebih lanjut hubungi:
HERU W, S.T. (08112508339)
Atau: 087839548439

(ditulis ulang dari brosur)


PELATIHAN MANAJEMEN LABORATORIUM
UNTUK KEPALA LABORATORIUM/KOORDINATOR LABORATORIUM TIK
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

A. Latar Belakang
Laboratorium dan bengkel merupakan sarana pembelajaran praktik yang memiliki peran strategis dapam upaya meningkatkan kualias pembelajaran. Laboratorium sangat dibutuhkan oleh sekolah khususnya sekolah menengah kejuruan yang bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang siap kerja. Keberhasilan pembelajaran praktik di laboratorium sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor, diantaranya adalah sarana prasarana, kelengkapan peralatan di laboratorium, sumber daya manusia dan manajemen. Banyak laboratorium tidak dapat berfungsi secara optimal dikarenakan oleh kurang baiknya manajemen.
Untuk menjamin bahwa peralatan yang ada di laboratorium siap pakai setiap saat dibutuhkan pengelolaan, perawatan dan perencanaan yang baik. Untuk dapat mewujudkan di atas diperlukan koordinator leboratorium dan teknis/laboran yang kompeten dan mempunyai pemahaman dan pengalaman dalam bidang manajemen.
Permasalahan yang ada sumber daya manusia yang mempunyai kompetensi manajemen laboratorium jumlahnya terbatas dan bahkan sangat minim. Oleh karena itu diperlukan upaya untuk mengatasi permasalahan ini yang salah satunya adalah mengirikkan peserta untuk mengikuti Pelatihan Ka. Laboratorium TIK.
B. Tujuan
Melalui kegiatan pelatihan ini, kepala laboratorium/koordinator laboratorium, guru dan teknisi/laboran diharapkan dapat menambah wawasan, pengetahuan, keterampilan dalam hal manajemen laboratorium. Dengan meningkatnya kompetensi koordinator laboratorium dan bengkel, diharapkan mereka dapat mengimplementasikannya dalam mendukung pembelajaran praktik sehingga kualitas pembelajaran akan meningkat.
C. Target
Kegiatan workshop ini bertujuan untuk :
1.    Meningkatkan pemahaman fungsi dan tanggung jawab kepala laboratorium/koordinator laboratorium/bengkel, guru dan teknisi/laboran terhadap ilmu manajemen laboratorium;
2.    Meningkatkan kualitas pembelajaran praktik sehingga akan berdampak pada peningkatan kompetensi siswa dan lulusan
D. Pemateri
Pemateri pada pelatihan ini adalah para koordinator laboratorium, pakar manajemen, dosen dan pemerhati pembelajaran praktik di laboratorium baik dari dosen maupun praktisi Universitas Negeri Yogyakarta
E. Peserta
Peserta yang diharapkan mengikuti pelatihan ini yaitu : kepala laboratorium/koordinator laboratorium/bengkel, teknisi/laboran, dosen, mahasiswa, dan umum
F. Waktu dan Tempat Pendaftaran
Hari/tgl    : mulai 3 Juni 2012 – selesai
Jam           : 11.00 – selesai
Tempat   : Ruang Training Center
                     (Jadwal setiap hari Sabtu, Minggu)
Untuk pembukaan dan diklat perdana di UNY, untuk selanjutanya di wilayah setempat peserta menghendaki.
G. Kontribusi
Rp. 1.500.000,- per orang
H. Contact Person
Heru W, S.T. (08112508339)
I. Outline Materi
* Pengantar manajemen laboratorium
* Job deskription, SOP dan ISO 9000
* Manajemen aset
* Manajemen bahan
* Manajemen pelayanan
* Manajemen perawatan dan perbaikan
J. Fasilitas Peserta
1. Materi
2. Sertifikat
3. Observasi lapangan

6 komentar:

  1. Untuk Guru SMP bisa ikutan apa tidak Pak...???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf tlt bget replynya. Jstru itu program pny K3S SMP lo, jls bs.

      Hapus
  2. dijakarta ada gak yah yang ngadain acara spt itu....?? kalo ada sy mau ikut

    BalasHapus